GUI (Graphical User Interface) dalam Dhelphi 7



         Kamu anak informatika atau anak statistika atau apapun jurusan kamu punya tugas tentang GUI dan kamu gak tau apa itu GUI? Sebenarnya hal yang paling menarik yang bisa dibuat dari Dhelpi 7 itu GUI. Ada baiknya kamu baca tulisan ini dulu, semoga bermanfaat. Next time aku bakalan share caranya buat bikin GUI.
         Dengan adanya kemajuan teknologi, akal pikiran manusia semakin mahir dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan mereka. Salah satu program komputer yang dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia  adalah Delphi.
         Delphi  adalah suatu bahasa pemrograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Delphi juga merupakan suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic (VB). Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal), sehingga lebih mudah untuk digunakan. Pada prinsipnya, suatu program komputer memanipulasi data untuk menjadi informasi yang berguna. Dalam komputer dan delphi sudah ada suatu media virtual yang dibuat agar program bisa lebih familiar dengan user yaitu GUI.
         Pada computer, GUI merupakan antarmuka pengguna secara grafis. Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi, tentu saja hal tersebut dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya, sehingga diciptakanlah GUI. Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset dari Xerox PARC. Beberapa tahun kemudian Microsoft merilis sistem operasi Windows-nya yang juga menggunakan GUI.
         GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya.
         Media GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dengan computer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (visual basic, visual foxpro, Delphi, dll).

Dasar Teorinya yaitu :
1. Delphi mempunyai cakupan pemograman yang luas, baik untuk mengolah teks, grafik, angka, database, ataupun aplikasi web.
2. Delphi merupakan pengembangan dari pascal dan dalam Delphi sudah ada GUI (Graphical User Interface)

Kelebihan atau Kekekurangan dari GUI
· Kelebihan GUI
1. Desain grafis lebih menarik
2. GUI memungkinkan user  untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik
3. Memudahkan pengguna
4. Menarik  minta pengguna
5. Resolusi gambar yang tinggi

· Kekurangan GUI
1. Memakan memori yang besar
2. Bergantung pada perangkat keras
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer
4. Tidak fleksibel

Sumber :

Presdika, Alvi Chandra Adhi. Tanpa Tahun. Pengertian Delphi. Diakses pada 8 Januari 2016 dari https://www.scribd.com/document/109979247/Pengertian-Delphi
Setiawan, Agus. 2015. Pengertian GUI dan CLI. Diakses pada 1 Januari 2016.  https://asa.blogspot.co.id
Sugiharto, Muhammad Ridwan. 2010. GUI Komponen Delphi. Diakses pada 1 Januari 2016 dari https://readoneit.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dear, My Only One Call Away. I'll be Your Only One Call Away too.

Lepas Dirimu dari Zona Nyamanmu, Kau akan Temukan Sesuatu yang Tak Pernah Kau Bayangkan