Lepas Dirimu dari Zona Nyamanmu, Kau akan Temukan Sesuatu yang Tak Pernah Kau Bayangkan

Oleh : Gifa Delyani Nursyafitri

        Zona nyaman adalah zona dimana anda merasa nyaman dengan apa yang anda lakukan, tanpa berfikir apakah hal itu akan memberikan manfaat atau memberikan mudarat terhadap hidup anda. Dimana zona ini adalah zona yang terjadi di kehidupan sehari-hari anda, dan anda merasa nyaman-nyaman saja berada di dalamnya tanpa merasa membutuhkan perubahan untuk memperbaiki diri anda. Banyak motivator yang mengatakan bahwa seseorang yang enggan untuk keluar dari zona nyamannya adalah tanda dari kemalasan. Padahal zona nyaman yang dimaksud disini bukanlah zona yang menunjukkan anda telah berhasil mendapatkan sesuatu yang membuat anda nyaman.

        Zona nyaman itu membuat anda terlena, membuat anda takut mencoba hal baru yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas anda. Mengapa demikian? Karena menurut kebanyakan orang yang belum pernah memaksa dirinya untuk keluar dari zona nyamannya, bertahan hidup seperti biasa, melakukan hal yang dilakukan setiap orang pada umumnya, memukul rata segala sesuatu, dan sebagainya telah sangat berat. Sehingga mereka enggan untuk melakukan sesuatu yang lebih berisiko. Berada di zona nyaman hanya akan membuat anda menjadi orang rata-rata.

        Jika anda ingin menjadi orang yang lebih baik, maka segeralah tinggalkan zona nyaman anda. Anda akan menemukan banyak hal baru yang membuat anda mempertanyakan segala sesuatu yang membuat anda puas di masa lalu sehingga membuat anda enggan untuk keluar dari zona tersebut. Di zona baru ini, anda tentu akan mendapatkan banyak hal-hal baru. Banyak tantangan, banyak masalah, keputusan dengan resiko yang besar, kebingungan, dan sebagainya. Namun percayalah hal-hal tersebut akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik. Menjadi seseorang yang tahu caranya mengambil keputusan terbaik saat terdesak, menyelesaikan masalah-masalah berat lebih dari sekedar masalah yang dialami oleh orang orang kebanyakan. Percayalah anda akan mendapatkan kekuatan baru yang tak pernah anda bayangkan ada di dalam diri anda sebelumnya.

http://denibinmumin.blogspot.co.id
        Keluar dari zona nyaman anda tidak akan merugikan diri anda sama sekali. Mungkin pada awalnya anda akan merasa terpaksa dan merasa ingin menyerah ketika begitu banyak hal yang anda sangka diluar kemampuan anda. Ingat! Anda hanya hidup sekali, bukan kah waktu di dunia ini akan terbuang sia-sia jika anda takut melakukan sesuatu untuk membuat anda menjadi lebih berkualitas? Ketidak-nyamanan yang anda rasakan akan membuat anda mulai mempertanyakan kemampuan yang dulu selalu membuat anda merasa puas. Anda akan mempelajari banyak hal, dan itu akan membuat anda tumbuh lebih cepat dari semestinya. Tantangan-tantangan hidup yang baru akan membuat anda terbuka pada sesuatu yang baru dan tidak menganggap bahwa hidup anda berakhir hanya karena sebuah masalah. Hidup anda hanya akan berakhir ketika Tuhan mencabut nyawa anda.
 
        Manusia adalah makhluk yang cepat merasa bosan. Hidup tanpa tantangan dan permasalahan membuat hidup anda seperti tidak benar-benar hidup. Namun bukan berarti anda harus mencari masalah untuk membuat hidup anda menjadi lebih hidup. Jika anda memutuskan untuk keluar dari zona nyaman anda, tentu akan banyak permasalahan yang harus anda hadapi. Setiap orang memiliki kemampuan untuk menghadapi serta menyelesaikan masalah yang sama, hanya saja tidak setiap orang berani untuk memutuskan dirinya berada di dalam masalah itu. Mereka membatasi diri mereka dan hanya berdiam diri di suatu tempat yang mereka sebut zona nyaman karena mereka selalu berfikir bahwa mereka tidak mampu untuk menyelesaikan masalah itu. Itulah mengapa kita perlu me-manage ulang mindset kita, karena kita adalah apa yang kita fikirkan, kemampuan kita hanya sekedar apa yang kita fikir mampu untuk dilakukan.

                                                                  https://produkoriflames.blogspot.co.id/
         No body's perfect. Ya, setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Dengan memutuskan masuk ke zona baru ini, kelemahan anda akan mulai terlihat. Dengan mengetahui kelemahan anda, anda bisa mulai memperbaiki kelemahan itu jika kelemahan itu memang bisa diperbaiki, atau dengan cara menemukan suatu hal yang akan menjadi kelebihan baru anda. Tentu saja hal ini tidak berarti anda ingin menjadi makhluk yang sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Sempurna. Anda hanya membuat diri anda menjadi lebih berkualitas dan berkelas. Dengan banyaknya pengalaman yang anda dapat, tentu akan membuat anda menjadi lebih percaya diri dan anda akan sangat bersyukur karena pengalaman yang anda dapatkan dulu di zona nyaman anda tidak akan cukup untuk menyambut masa depan yang lebih terang.

        Jadi, keluar dari zona nyaman bukanlah untuk menyiksa diri anda, melainkan untuk memperbaiki diri anda, serta membuat anda lebih siap menghadapi masa depan. Tantangan serta permasalahan yang anda hadapi akan membuat anda menjadi orang yang lebih kuat. Dan anda akan mulai paham arti pepatah "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Anda akan tahu bagaimana ketidaknyamanan akan membentuk anda menjadi orang yang hebat, berkualitas, berkelas, serta bersinar.

Komentar

  1. Mantap. ..
    tulisan yang layak di jadikan motivasi untuk meraih kesuksesan dalam segala hal. ..
    hidup butuh perjuangan dan pengorbanan untuk meraih kebahagiaan hidup ...dalam perjalanan nya akan ada onak dan duri yang menghadang yang harus di terjang agar dapat keluar sebagai pemenang
    Semangat terus anakku , terus lah berkarya agar bermanfaat bagi orang banyak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dear, My Only One Call Away. I'll be Your Only One Call Away too.

GUI (Graphical User Interface) dalam Dhelphi 7